selamat datang di blog Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. blog ini merupakan program kerja departemen jaringan dan hubungan masyarakat bem fkip. terima kasih atas kunjungannya. semiga bermanfaat. teruslah berkarya untuk agama dan bangsa.

Jumat, 12 Desember 2008

HARI ANTI KORUPSI DAN HAM BERSAMA BEM SE-UNMUL



Sekitar pukul 16.30 kamis sore, Puluhan mahasiswa ber almamater kuning dan sebagian menggunakan jaket lembaga kemahasiswaan berkumpul di perempatan lembuswana. Salah seorang dari mereka membawa pegeras suara berwarna putih atau yag biasa di sebut megaphone atau toa, dan yang lain membawa bendera berlogo. Kain berwarna hitam bertuliskan "usut tuntas kasus korupsi dan pelanggaran ham”, terpampang sekitar 4 meter ditengah-tenah kerumunan mahasiswa yang berada ditengah-tengah perempatan jalan tersebut.
Di sisi kiri dan kanan jalan juga tampak puluhan mahasiswi yang didominasi oleh mahasiswi berjilbab. Beberapa diantara mereka membawa karton yang juga bertuliskan peringatan untuk menjauhi prilaku korup dan menghormati hak asasi manusia. Dan yang lain tampak membagi-bagikan selebaran kertas putih yang biasanya berisi tentang maksud aksi yang mereka lakukan.
Lalu lintas kendaraan yang mulai tidak teratur rupanya tidak menyurutkan niat mereka untuk terus berorasi secara bergantian. Sesekali mereka bernyanyi, bahkan beberapa diantara mereka ada yang bernyanyi sambil berloncat-loncat meneriakkan suara rakyat.
Tak lama kemudian, 3 mahasiswa yang berpenampilan berbeda dari yang lain, memperagakan sesuatu. Rupanya mereka sedang melakukan tetrikal yang menggambarkan lemahnya pemerintah menangani kasus-kasus korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia.
Setelah melakukan orasi dan teatrikal, mahasiswa yang memegang megaphone tadi menginstruksikan ke paserta aksi untuk hening sejenak. Tak begitu jelas apa yang mereka lakukan, tapi dari kejauhan mereka terlihat sedang menyanyikan sebuah lagu untuk para pejuang yang telah gugur dimedan perang.
Akirnya Aksi yang dilakukan mahasiswa yang menamakan diri mereka badan eksekutif mahasiswa seluruh universitas mulawarman berakhir sekitar pukul 17.30 sore. Saya tahu aksi yang mereka lakukan itu adalah aksi dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia dan hari hak asasi manusia. Semoga amal ibadah mereka tidak sia-sia. Semangat dan teruslah melakukan perubahan…(mn)








2 komentar:

La Tahzan_Today is Yours mengatakan...

Kita semua berharap, aksi yang dilakukan selama peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dimanapun, tidak hanya sekedar aksi ceremonial saja. Tetapi kita semua khususnya pemuda Indonesia memahami makna subtansial di balik peringatan itu. Kita semua harus memiliki paradigma yang sama bahwa Korupsi,Kolusi dan rekan rekannya... adalah tindakan keji, menjijikan, dan sangat tidak manusiawi!!! Wajib di hindari dan di berantas!!!

Syamsumarlin mengatakan...

sepakat mba'. karena tindakan korupsi akan membunuh dan merampas hak orang-orang miskin. saya gak rela. dan para koruptor memang cocoknya di pancung saja biar yang lain gak berani..

Posting Komentar