selamat datang di blog Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. blog ini merupakan program kerja departemen jaringan dan hubungan masyarakat bem fkip. terima kasih atas kunjungannya. semiga bermanfaat. teruslah berkarya untuk agama dan bangsa.

Sabtu, 17 Januari 2009

Bakti Sosial “Jalin Kepeduliaan Terhadap Sesama”

Kerjasama Departemen Jaringan dan Hubungan Masyarakat BEM FKIP Unmul
dengan Jaringan Aktivis Muda Mahasiswi FKIP


Kami pun ingin berbagi melalui catatan kecil di Blog ini.....

Selasa, 6 Januari 2009 merupakan penantian akhir yang kami lakukan setelah sekian pekan perjalanan kepanitiaan Bakti Sosial yang sempat beberapa kali tertunda pelaksanaannya. Bakti Sosial yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Donor Darah dan Pengumpulan Sumbangan berupa Buku dan Pakaian layak pakai di gagas oleh Departemen JarHumas BEM FKIP Unmul dan rekan-rekan dari Jaringan Aktivis Muda Mahasiswi FKIP.
Selasa sore pada briefing akhir acara untuk besok, panitia masih dipusingkan dengan jumlah mahasiswa yang bersedia untuk menjadi pendonor pada pelaksanaan donor darah. Pihak PMI memberikan target minimal pendonor di setiap tempat pelaksanaan ( kampus Gunung Kelua, kampus pahlawan, kampus banggeris) berjumlah 20 orang.
Hingga selasa sore laporan yang panitia terima, pendonor untuk Kampus GK hanya berkisar belasan saja jumlahnya, sedangkan di banggeris untuk baksos hari kamis hanya 3 orang yang bersedia. Berita yang cukup menggembirakan kami dapatkan dari kampus pahlawan dengan jumlah pendaftar mencapai 20 orang lebih. Gurat wajah pesimis mulai tergambar di beberapa wajah panitia yang keseluruhannya adalah wanita. Bahkan salah seorang Panitia sempat menyampaikan kepada Ketua Paniti saudari Elvia Sari agar membatalkan saja donor darah di kampus Banggeris, tapi hal itu tidak di setujui oleh beberapa anggota panitia yang lain termasuk dukungan dari Ketua BEM FKIP yang pada kesempatan sore itu memantau sekaligus membantu persiapan pelaksanaan donor darah.
Optimisme yang disampaikan akhirnya melunturkan niat untuk membatalkan pelaksanaan donor darah di kampus banggeris. Dengan tekad mantap dan niat ikhlas kami “bismillah” pelaksanaan donor darah pada hari rabu(7 januari 2009) di Kampsu GK pun kami buka tepat pukul 8.30 wita. Tidak berapa lama sejak Acara Pembukaan para pendonor pun mulai berdatangan, satu per satu mereka dengan antusias melewati tahap pemeriksaan hingga sampai pada tahap pengambilan darah yang nantinya akan di berikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Gurat pesimis yang sempat terukir di wajah panita kemarin sore tiba-tiba menghilang berganti dengan optimisme bahwa target 20 orang yang bersedia menjadi pendonor tidak hanya tercapai tapi bahkan terlampaui. Karena sampai pada batas waktu yang ditetapkan yaitu pukul 12.00 masih saja ada calon pendonor yang bersedia menyumbangkan darah mereka. Akhirnya angka 31 pendonor berhasil dicapai pada hari pertama. Itupun sebenarnya masih ada mahasiswa yang bersedia menjadi pendonor tapi karena kantung darah yang disiapkan pihak PMI sudah habis akhirnya mereka terpaksa kami tolak.
Sepanjang pelaksanaan donor darah di GK kabar baik terus saja kami terima dari rekan-rekan di banggeris yang masih bergerilya untuk mencari mahasiswa ataupun civitas akademika yang bersedia untuk menjadi pendonor pada hari selanjutnya. Dalam waktu selang sehari saja ada belasan orang di kampus banggeris yang bersedia menjadi pendonor. ( Saya belum sempat mengklarifikasi kepada rekan-rekan di banggeris rumus marketing apa yang mereka pakai hingga bisa mempengaruhi banyak orang dalam waktu yang relatif singkat)
Kami pun semakin optimis untuk melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah di Kampus Banggeris. Kamis (8 Januari 2009) baksos di kampus banggeris membuktikan bahwa kita tidak boleh berputus asa sebelum berusaha. Hingga siang sekitar puku 13.00 wita pendonor di Kampus Banggeris berjumlah 32 orang. Angka yang tidak disangka-sangka sebelumnya.
Untuk pelaksanaan Baksos di kampus Pahlawan (9 januari 2009) pihak panitia tidak mengkhawatirkan tentang jumlah calon pendonor karena 2 hari sebelumnya sudah lebih dari 20 orang yang manyatakan kesediaanya. Tetapi ternyata jumlah pendonor di pahlawan lebih kecil dibandingkan di 2 kampus sebelumnya. Hal ini disebabkan beberapa calon pendonor yang di tolak karena alasan medis yang tidak memenuhi syarat. Pelaksanaan Donor Darah di Kampus Pahlawan juga sempat dikejutkan oleh kejadian 2 orang pendonor yang tiba-tiba pingsan setelah melakukan donor darah. Alhamdulillah hal itu tidak menimbulkan sesuatu yang fatal karena kesigapan pihak PMI dan panitia yang langsung memberikan pertolongan.
Rangkaian kegiatan Bakti Sosial untuk Kegiatan Donor Darah pun akhirnya selesai pada Jumat siang. Pihak panitia sempat mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak PMI yang bersedia membantu dalam pelaksanaan Baksos selama 3 hari berturut-turut.
Selain kegiatan Donor Darah, kami juga melakukan penggalangan sumbangan berupa buku (tulis,bacaan,pelajaran) serta baju yang masih layak pakai. Kami berhasil mengumpulkan puluhan buku pelajaran dan buku bacaan ditambah ratusan buku tulis.
Kami menyalurkan sumbangan tersebut kepada Yayasan Sosial Anak Lentera Mahakam (YASALAM) pada hari Sabtu 10 januari 2009. Kami mengantarkan sumbangan tersebut ke langsung ke Kantor Kesekretariatan YASALAM.

Psstttt: Sebelum di Protes , meskipun secara struktural kepanitian hanya diisi oleh mahasiswi(c-wek) tetapi ada beberapa rekan Mahasiswa (c-wok)dari BEM FKIP yang membantu pelaksanaan kegiatan kami dari tahap persiapan, pelaksanaan bahkan pasca kegiatan.... Terimakasih banyak ya saudara2 kami!!! Semoga Allah membalas kebaikan kalian....

Saya pun selaku ketua Departemen Jaringan dan Hubungan Masyarakat beserta staff mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT atas terselenggaranya rangkaian kegiatan Bakti Sosial, serta ingin menyampaikan rasa Terimakasih dan Penghargaan yang Sedalam-dalamnya kepada
- seluruh Panitia Bakti Sosial Donor Darah dan Sumbangan Buku Kerjasama Departemen JarHumas BEM FKIP dan JAMM FKIP.
- Presiden BEM FKIP Beserta Jajarannya
- Ketua JAMM FKIP Beserta Jajaranya
- Dekan FKIP Beserta Jajarannya
- Seluruh Lembaga Kemahasiswaan se FKIP
- Seluruh Pendonor yang telah berpartisipasi
- Seluruh rekan-rekan mahasiswa yang menyalurkan sumbangannya kepada kami

Semoga Allah SWT menilai apa yang kita semua lakukan sebagai pahala disisiNya dan bantuan yang kita himpun dapat membantu bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan....

Persembahan Kami Dengan semangat Memahami dan Melayani Sepenuh Hati




3 komentar:

BEM FKIP Unmul mengatakan...

Untuk Foto-Foto kegiatannya menyusul Yach!!!!

Unknown mengatakan...

chayooo BEM FKIP!!!

mudah-mudahan kegiatan donor darahnya jadi kegiatan tahunan,,,

jadi bisa numpang lagi :p

Unknown mengatakan...

Lowongan Kerja English Tutor Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang Samarinda & Balikpapan. Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com. Atau hubungi No Telp 0541-273163 (Samarinda) dan 0542-737537 (Balikpapan). Kunjungi www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.

Posting Komentar