selamat datang di blog Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. blog ini merupakan program kerja departemen jaringan dan hubungan masyarakat bem fkip. terima kasih atas kunjungannya. semiga bermanfaat. teruslah berkarya untuk agama dan bangsa.

Kamis, 12 Februari 2009

Golput! Pantaskah? (Diskusi rutin dept. social dan politik BEM UNMUL)

FENOMENA golput ternyata tidak hanya menjadi bahan diskusi dikalangan elit politik saja. Mahasiswa kini juga telah menjadikan golput sebagai isu yang cukup menarik untuk didiskusikan. Siang ini (12/02) sekitar pukul 14.00, badan eksekutif mahasiswa universitas mulawarman mengadakan diskusi yang mengambil tema “golput!pantaskah?. diskusi yang dihadiri sekitar 40 mahasiswa ini, berlangsung di open resto universitas mulawarman. widya, pelaksana tugas mentri sospol menegaskan bahwa acara ini sengaja mengambil tema golput karena dalam dua bulan kedepan akan diadakan pemilu. “kami ingin memberikan pencerdasan politik bagi mahasiswa unmul. kami ingin mahasiswa bisa menposisikan dirinya sebagai kaum intelektual”tambahnya.Diskusi yang dimotori oleh departemen social politik menghadirkan sugeng hariadi. Seorang pengamat politik Kalimantan timur.
Dalam diskusi yang berlangsung interaktif ini, sugeng menjelaskan bahwa ada beberapa penyebab seseorang memilih golput. Pertama, karena penamaan golput dianggap menjadi hal yang positif bagi masyarakat. Golput diidentikkan dengan golongan suci. Kedua, parpol ternyata tidak risau dengan adanya golput karena menggunakan system suara terbanyak. Bukan target perolehan sehingga berapapu yang diperoleh, yang terbanyak itulah yang menang tanpa ada batasan minimal. Ketiga, tidak ada pelarangan didalam undang-undang pemilu tentang golput. Keempat, adanya perbedaan presepsi antara parpol dan pemilih.
Selain memberikan alasan ternjadinya goput. Jebolan oxford university ini juga memberikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan tinggkat golput. Solusi yang pertama adalah agar adanya aturan yang mengatur tentang jumlah perolehan suara, yang kedua agar caleg-caleg yang mencalonkan dirinya harus benar-benar memiliki kapabilitas yang kuat. Dan yang terakhir adalah parpol harus memperbaiki system kaderisasi mereka. Kalau ketiga hal diatas mampu dipenuhi maka angka golput insyaallah akan menurun.
Disinggung tentang dampak fatwa mui yang mengharamkan golput, alumnus unmul ini mejeleskan bahwa Diakui atau tidak pemilu tetap berjalan..
Dinanti atau tidak matahari tetap terbit dan menjadi golpu ataupun tidak pemilu akan tetap berjalan. Ini adalah hal yang pasti seperti kepastian terbitnya matahari dipagi hari. Jadi yah silahkan ambil peran kalian.(sm)




2 komentar:

La Tahzan_Today is Yours mengatakan...

kalau memang punya hak!!! kenapa harus golput!!! Say No 2 GolPut

Unknown mengatakan...

Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog..Thanks for sharing..
I would like to share good news also. Here you:
LOWONGAN KERJA ENGLISH TUTOR Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang Samarinda & Balikpapan. Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com. Atau hubungi No Telp 0541-273163 (Samarinda) dan 0542-737537 (Balikpapan). Kunjungi www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.

Posting Komentar