selamat datang di blog Badan eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. blog ini merupakan program kerja departemen jaringan dan hubungan masyarakat bem fkip. terima kasih atas kunjungannya. semiga bermanfaat. teruslah berkarya untuk agama dan bangsa.

Kamis, 05 Februari 2009

Kajian Pendidikan "Manajemen Pengajaran Kelas"




Rabu, 4 Februari 2009 sebuah Kajian Pendidikan kembali diadakan oleh Departemen Pendidikan dan Kajian Strategis (atau biasa disingkat Dept.Dikstrat) BEM FKIP Unmul. Pada kesempatan kali ini tema yang diangkat adalah “Manajemen Pengajaran Kelas”. Bertempat di ruang Microteaching acara dimulai pada pukul 16.00 yang diawali dengan sambutan dari Ketua Departemen Dikstrat saudara NurKholis. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Ibu Dra. Hj. Sestuningsih Rahayu, M.Pd
yang dikalangan mahasiswa FKIP Unmul lebih akrab disapa Ibu Yayuk. Beliau
adalah Salah satu dosen FKIP dari Porgram Studi Bimbingan dan Konseling.
Menurut Ibu yayuk seorang guru memiliki banyak peran pada saat mengajar di dalam kelas, seorang guru merupakan model, manajer sekaligus insinyur yang menentukan bagaimana jalannya skenario pembelajaran di kelas, agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi para siswa. Manajemen kelas merupakan cara atau strategi untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang memungkinkan siswa dalam kelas tersebut dapat belajar efektif. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang guru dalam mengelola manajeman pengajaran di kelas diantaranya mengenal karakter diri pribadi, mengenal lingkungan sekolah, mengenal siswa-siswa dikelas, menciptakan suasana kelas yang mendukung serta penggunaan media atau alat bantu.
Selain menyampaikan materi Ibu yayuk juga berpesan kepada setiap peserta yang hadir pada kesempatan itu bahwa Guru merupakan profesi yang tidak semua orang bisa melakukanya, para mahasiswa FKIP dididik agar kelak siap untuk mengemban profesi sebagai guru yang profesional.
Acara sore itu juga mendapat tanggapan positif dari rekan-rekan mahasiswa FKIP, tampak terlihat pada sesi diskusi, banyak sekali peserta yang bersemangat untuk bertanya. Sampai-sampai ada beberapa peserta yang harus mengalah tidak mendapat kesempatan karena keterbatasan waktu.
Pastinya acara-acara seperti ini sangat dinantikan oleh rekan-rekan mahasiswa FKIP sebagai bekal kelak sehingga tidak hanya menjadi guru yang memiliki dedikasi tinggi saja tapi juga bisa menunjukkan profesionalitasnya dalam mendidik para siswa.... Maju terus Pendidikan Indonesia....Hidup Mahasiswa....Hidup Guru (By : U-Chan)


0 komentar:

Posting Komentar